Pages

Subscribe:

Monday, October 26, 2009

Kiat Sukses Seorang Chef bag 3


Pengenalan Mengenai Kitchen Department

Kitchen Department dipimpin oleh seorang Executive Chef,Chef de Cuisine,Head Chef.

**Executive Chef adalah orang yang incharge tentang semua yang bersangkutan dengan Kitchen termasuk Menu Kreasion,Management,Scheduling dan Menentukan gaji kKitchen Staff,Ordering and Palting Design or Plate Presentation.Chef de Cuisine adalah istilah Chef di Prancis dan bisanya digunakan oleh Kitchen2 yang ada di Eropa.Head Chef biasanya dijadikan panggilan bagi seseorang yang sama tanggungjawabnya dengan Seorang Executive Chef,tapi ada seseorang yang incharge untuk membuat menu ini biasanya sering digunakan di Restaurant-Rertaurant.
 **Sous Chef adalah langsung Assistant dari Executive chef tapi untuk Hotel-Hotel besar biasanya sebelum Sous Chef ada yang namanya Executive Sous Chef sesudah itu Sous Chef.Biasanya Sous Chef bertanggungjawab untuk Scheduling dan apabila Executive Chef berhalangan,Dia yang mengisinya.
**Expediter (Aboyeur) adalah orang yang mengambil orderan dari Dinning Room or Restaurant dan langsung dikirim atau relays ke Kitchen.Orang ini juga sering mengecek  Makanan yang diorder sebelum Waiter/Waitress membawanya ke Dinning Room atau restaurant.Ada beberapa biasanya Aboyeur langsung dipegang oleh Executive Chef atau Sous Chef.
**Chef de Partie adalah sebagai Chef out let seperti Garde Manger,Butcher,Hot Kitchen and the other out let.
**Saute' Cook (Saucier) adalah orang yang bertugas untuk semua makanan yang disautee (Sauteed Items) dan membuat Sauce.Biasanya posisinya lebih tinggi dari semua section di out let.
**Fish Chef (Poissonier) adalah orang yang menyediakan makanan dari Ikan dan semua Fish dari Butcher diolah oleh Dia dengan memberikan Saucenya dan biasanya Dia bekerjasama dengan Saucier.
**Roast Chef (Rotisseur) adalah orang yang meyediakan Makanan yang diopen (roasted) dan daging rebus(Braiseb Meat)
**Grill Chef (Grillardin) adalah orang yang menyedikan semua yang digrilled (panggang) biasanya kerja bareng dengan Rotisseur.
**Fry Chef (Friturier) adalah orang yang menyediakan segala makanan yang di goreng dan boleh di satukan dengan Rotisseur
Vegetable Chef (Entremetier) adalah orang yang menyediakan Hot Appetizer(makanan pembuka yang Panas) dan sering menyediakan Soups,Vegetables,Pasta.semuanya staff yang beroperasi sebagai Potager yang membuat Soup dan seorang Legumier orang yang menyediakan sayuran.
**Roundman (Tournant) orang yang biasanya yang mengisi apabila diantara yang diatas ada yang tidak masuk
**Pantry Chef (Garde Manger) adalah yang bertugas untuk menyediakan salads,makan pembuka yang dingin2,Pate's,Terrines
**Butcher (Boucher) adalah orang bertanggungjawab menyediyakan Daging Ayam (poultry),daging sapi dan Ikan
**Pastry Chef (Patssier) adalah oRang yang bertanggungjawab untuk segala makanan penutup (Dessert)Membuat Kue french pastry dll.
**Commis adalah posisi dibawah Demi Chef de partie dan biasanya ada Commis I,Commis II,Commis III. dan bertanggungjawab atas semua opration di Kitchen dibawah pengawasan Chef de Partie.

Chef biasanya sewaktu bekerja suka memakai seragam yang komplit yaitu Hat (topi),Necktie (dasi),Double Breasted Jacket (seragam double dapur),apron,Trouser dan sepatu Cook sesuai dengan standart Safety di Kitchen.
Itulah orang-orang yang bertugas di Kitchen Department dan ada lagi satu orang yang bertanggungjawab membuat Decoration atau hiasan-hiasan dari Sayuran,Buah-buahan atau,Ice Blok dan Butter, biasanya mereka disebut sebagai Chef Art.
Semoga semua penjelasan diatas bermanpaat bagi teman-2 seprofesi atau adik2 yang masih sekolah di Perhotelan dan Sekolah Tataboga.Amien 3x
 Wassalam,
Asep