Pages

Subscribe:

Friday, October 23, 2009

Kiat Sukses Seorang Chef bag 2


Pengalaman dan Ilmu yang Saya dapatkan selama saya bekerja 18 tahun di Dunia Hotel

Selama  saya bekerja didunia Hotel dimulai pada tahun 1991,saya mulai dari Posisi Cook Helper dibagian Butcher Hotel Papandayan Bandung,di Hotel tersebut saya banyak belajar mengenai banyak Ilmu dari Chef-Chef Out Let dari mulai Ilmu Butcher dari Chef Dadang Butcher ,Masakan Italian,Masakan India(didalami sewaktu saya diSaudi Arabia saya belajar dengan Chef dari India),Masakan Meciko karena pada waktu itu di Hotel Papandayan ada beberpa Corner yaitu Tandori Corner dan Mecikan Food Corner dan saya banyak belajar lagi tentang Western Food dari Chef Cucu pada waktu itu dan Masakan Itali dari Chef Aming Admiral dan Chef Dadang Suherman.
Pada tahun 1994 saya melamar ke Kapal Pesiar karena pada waktu itu ada lowongan,saya bersaing dengan Cook-Cook lain dan yang melamar ada ratusan orang yang yang diterima hanya 40 orang termasuk saya.dan yang berangkat 3 orang termasuk saya.Dikapal Pesiar,saya banyak belajar dari Chef Patric Paygiyan dari Philiphine mengenai How to Carving dari Fruit Carving,Vegetables Carving dan Ice Carving.Saya bekerja sampai tahun 1998.
Pada tahun 1998 saya kembali bekerja di Indonsia dan saya bekerja dibeberapa Hotel di Bandung diantaranya Hotel Jayakarta,Hotel Holiday Inn,Apartment Majestik,Hotel Planet sebelum jadi Hotel Vue Palace.
Dan pada tahun 2003 saya kembali bekerja di Luar Negeri yaitu di Saudi Arabia Yaitu Hotel Holiday Inn Minhal Riyadh,Holiday Inn Assalam Jeddah dan Massarah Intercontinental Taif,disana saya banyak belajar tentang Masakan Indian  dan Masakan Middle East langsung dari Chef dari India dan Chef dari Libanon dan Chef dari Saudi Arabia sendiri.
Pada tahun 2006 saya kembali di Indonesia dan saya mendapatkan Job di Catering Service jadi Executive Chef,pertama saya punya staff 40 orang dengan usia dari Usia muda sampai Usia Tua yang masa bekerja bervariasi dari mulai 2 tahun sampai ada yang sudah 25 tahun.menghadapi staff yang beda Etnik dan karakter dan beda daerah saya berusaha mempelajari kehidupan mereka dan karakter mereka samapai saya sukses sebagai Executive Chef dan saya dipercaya sebagai Opearasional Manager karena disana Executive Chef secara tidak langsung sebagai pejabat Operasional Manager dan saya harus membawahi 200 orang staff,dan saya harus belajar lagi bagaimana mengatur staff yang berjumlah 200 orang dengan watak dan sifat yang berbeda juga daerah yang berbeda karena kebanyakan karyawannya bersal dari Manado,Bugis tanah Toraja dan sebagian Jawa dan Batak.
dari sana saya banyak belajar memanage karyawan dan Alhamdulillah saya sukses bekerja Catering Service.
Pada tahun 2007 saya kembali keBandung dan saya mendapatkan pekerjaan di Home Inn palembang disana saya harus menata Hotel dari awal beroprasi sampai Grang Opening dan saya banyak belajar mengenai Set Up Hotel baru dari membuat Lay Out Kitchen,Resataurant dan Banquette Hall dari Pak.Hendra yaitu owner Hotel tersebut.disana saya sukses sampai Grand Opening dan saya kemabali ke Bandung.
Pada tahun 2008 saya mendapatkan pekerjaan di Kingdom of Kamboja sebagai Chef Garde Manger,Di Kamboja saya sebagai tenaga Ahli dan saya banyak belajar mengenai menghadapi bawahan dengan beda negara dan karakter dan bahasa.Di kamboja saya sukses sampai sekarang.
Saya banyak belajar cara mempelajari sifat dan karakter Orang-Orang dengan berbeda etnic dan Bahasa.dan saya bisa bersaing dengan Chef dari negara lain.
Di kamboja saya juga mendapatkan ilmu cara membuat Sausage dari ahlinya,belajar Sandwich cara membuat Terrine dan Pate dari ahlinya.
Alhamdulillah semuanya saya dapatkan karena dengan bekerja keras.Dan semua Ilmu dan Pengalaman yang saya dapatkan ,saya akan berikan kepada teman-teman seprofesi dan kepada Adik-adik yang masih Sekolah di Perhotelan Sekolah Tataboga maupun kepada teman-teman yang baru mengenal apa yang namanya Cook,Chef dan Kitchen dan kepada Ibu-Ibu atau siapa saja yang akan membuka Cafe Restaurant atau Catering ,Saya akan berikan dan saya akan tulis semuanya di Blog Ikitasya ini supaya bisa dibaca dan dipelajari dan siapa saja yang ingin bertanya mengenai masalah Kitchen dan cara membuat Cafe ,Restaurant maupun Catering dan usaha makanan Kecil juga para pedagang Nasi Goreng silahkan simpan bertanya diBlog saya ini dan simpan alamat emailnya nanti saya akan balas sesuai dengan kemampuan saya.
Kiat Sukses Seorang  Juru  Masak bagian kedua cukup sampai disini,mudah-mudahan bermanpaat dan menjadi motipasi dan pendorong bagi teman-teman untuk menjadi seorang Chef atau pengusaha makanan yang Sukses.Amien3x
Wassalam,
Asep Ramdan

4 comments:

Nury said...

Aslkum,,
Saya baru masuk kuLyh. dgn Jurusan TAta Boga. Apakah saya bisa berhasil nantinya,karna saya baru memulainya dari Nol,,? Dtunggu Balasannya, TerimakasiH sbLumnya,

Ikitasya said...

Waalaikumsalam Nury,
Insyaallah kamu bisa sukses dan akan menjadi seorang Chef yg sukses.tp satu syaratnya terus belajar walaupun kamu dan menjadi chef dan terus menciptakan product baru dan new presentation.
Wassalam

yuli said...

assalamualaikum..
saya tidak sedang belajar ato mengambil pendidikan mengenai perhotelan. namun saya tertarik sekali untuk mengetahui dunia pekerjaan seorang chef. saya ingin bertanya bagaimana jenjang karir seorang chef atau apa saja jabatan chef dimulai dari bawah sampai executive chef? bagaimanakah pekerjaan chef ini di mata anda? karena jika saya melihat untuk mendapatkan international experience apakah seorang chef selama karirnya tidak dapat menetap pada satu tempat saja. jika anda tidak berkeberatan saya ingin membaca lebih banyak lagi tulisan-tulisan anda mengenai dunia pekerjaan chef ini dari segi apapun..
wassalamualaikum

blog ku said...

assalamualaikum , ,, nma sya yusuf sya ingin bertnya2 sdikit ni tentang chef, modal utama yg di perlukan agar bisa menjadi chef handal sperti bapak ini gimana sih?

Post a Comment