Pages

Subscribe:

Monday, June 20, 2011

Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
"Tiga hari dalam setiap bulan (hijriyah), serta dari Ramadhan ke Ramadhan, semua itu seolah-olah menjadikan pelakunya berpuasa setahun penuh." (HR. Ahmad dan Muslim)

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa kekasihnya (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) telah mewasiatkan tiga perkara kepadanya, di antaranya adalah puasa selama tiga hari dalam setiap bulan.

Yang paling utama, puasa tiga hari tersebut dilakukan pada ayyamul bidh (hari-hari putih/terang, yakni malam-malam purnama) pada tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulannya. Dasarnya adalah hadits Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
"Wahai Abu Dzar, jika engkau berpuasa tiga hari pada setiap bulan, maka berpuasalah pada tanggal tiga belas, empat belas dan lima belas." (HR. Ahmad dan an-Nasa'i di dalam as-Sunan)

‎​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ , besuk hari rabu tanggal 15,16,17 tepat untuk mengawali puasa tengah bulan yaitu 13,14 ∂ɑπ 15 rajab, monggo yg tdk berhalangan besuk puasa 3 hari..., semoga اَللّهُ سبحانه وتعالى memudahkan ∂ɑπ meringgankan kita semua utk melaksanakan puasa sunnah tengah bulan. آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ‎ 
‎​سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ،لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ(

0 comments:

Post a Comment