Hiduplah menjadi orang yang berguna bagi Keluarga,Agama dan Negara.Janganlah lupa yang lima waktu dan berdoalah karena berdoa adalah senjata segala sesuatu.Cintailah panutan Kita Beliau adalah Habibana Wanabiyyana Muhammad.SAW,Semoga Rahmat dan Salam di limpahkan kepada Beliau dan keluarga Beliau dan Semoga kita mendapatkan Syafaátnya nanti di Yaumil Akhir,Amin3x

K.H.Anda Suganda Pengasuh Ponpes Nurul Hikmah Andawiyah

K.H. Anda Suganda
PENGASUH PONDOK PESANTREN NURUL HIKMAH ANDAWIYAH
Desa Sunalari Kecamatan Cikjing Kabapaten Majalengka West Java Indonesia.

Ponpes Nurul Hikmah Andawiyah yang didirikan tahun 1981 merupakan Pesantren Salafiyah yang didirikan oleh K.H.Anda Suganda.
Alumninya sudah menyebar di daerah Bandung,Lembang,Semarang,Sumedang,Ciamis dan daerah di Jawa Barat lainnya.dan sudah ada yang mendirikan Pesantren sendiri,Guru Madrasah,dan memegang madrasah dan Mesjid didaerahnya.
 Ponpes Nurul Hikmah santrinya dan juga anaknya Beliau yaitu Neng Pipit Widiyawati sudah berprestasi di tingkat Kabupaten Majalengka,Kabupaten Ciamis dan Kuningan dan Tingkat Propinsi sebagai juara MTQ Tahfiz Al Qurán dan Qori tingkat remaja.
K.H.Anda Suganda merupakan alumni dari Pondok Pesantren Cintawarna Tasikmalaya serwaktu dipimpin oleh K.H. Isak.Beliau sangat disayang oleh K.H.Isak dan merupakan santri yang berprestasi dan cepat menangkap pelajaran.semua kitab dari salafiyah Beliau kuasai dan dalam metode mengajar kepada santri-santrinya di Ponpes Nurul Hikmah,mudah di mengerti dan cepat mudah menguasai terutama cara mengajar Al.Qurán dan Kitab-kitab kuning lainnya.
dalam kurun waktu yang begitu singkat santrinya mulai bertambah mencapai 300 orang lebih.dan pada tahun 1990 beliu mendirikan Madrasah Diniyah dan RA (Raudhatul Athfal).Dengan biaya sendiri Beliau berusaha mendirikan madrasah dan sampai terdaftar di Kabupaten dan Propinsi dan mendirikan Yayasan dibawah naungan yayasan Nurul Hikmah Andawiyah.
Dari murid-murid beliau sudah banyak yang berhasil dan sekolah di Bandung dan Universitas di Bandung seperti UNPAD dllnya.
Dalam hal menopang pendidikannya Beliau tidak pernah meminta kepada yang lain.beliau berusaha dengan sekuat tenaga dari hasil jerih payah sendiri kadang-kadang Beliau menjual apa saja dari hasil ternaknya atau pertaniannya.
Beliau dengan sabar membina Masyarakat serta santrinya dan murid-murid Madrasah Diniyah dan RA supaya bisa bersaing di Sekolah dan Madrasah-Madrasah lainnya di kecamatan Cikjing maupun Kabupaten Majalengka.
Dengan system mengajar yang ulet dengan kesabaran yang tinggi Murid-Murid RA bisa ditarget bisa cepat membaca dan menulis dan ketika masuk Sekolah Dasar suka menjadi juara kelas.
Untuk pendaftaran di RA dan Madrasah Nurul Hikmah Beliau hanya memungut pendaftaran Rp.25.000 kalau dibandingkang didaerah lain atau dikota-kota besar itu sangatlah jauh sekali bedanya.Di bandung biaya pendaftran RA dan TK sudah mencapai Rp.300.000 an keaatas dan Madrasah Diniyah sudah mencapaai Rp.500.000.
tapi dengan pendaftran yang sangatlah kecil tapi kualitas pendidikan di Madrasah Diniyah atau RA Nurul Hikmah bisa disetarakan dengan Madrasah Diniyah atau RA didaerah lain atau dikota-kota besar.
Itulah profile singkat dari  K.H.Anda Suganda dan Pesantrennya.
Mudah-mudahan dengan profile singkat ini dan dengan kesabaran dalam membina Masyarakat Desa Sunalari dan Madrasah Diniyah dan Ra,bisa bermanfaat bagi pendidik-pendidik lainnya atau para calon pendidik lainnya.

Wassalam,
by.Aram sagita.

Peduli Perjuangan Ponpes Nurul Hikmah Andawiyah
No.Rek 4297-01-013531-53-2
Bank BRI 4297 Unit Cikijing Majalengka
a.n. Pipit Widiyawati
atau
Datang langsung ke Ponpes Nurul Hikmah Andawiyah
Desa Sunalari Kecamatan Cikjing Kabupaten Majalengka
West Java.Indonesia
Mobile No.+6281214770833



No comments:

Post a Comment

@templatesyard